Jumat, 18 April 2014

UNSUR SENYAWA SERTA MANFAAT DAN KANDUNGAN DALAM BUAH STRAWBERRY


Buah Strawberry merupakan buah yang memiliki warna merah merekah yang memiliki bentuk kecil mungil dan memiliki kandungan yang bagus bagi kesehatan manusia.
Buah ini kaya akan pigmen antosianin yang mengandung antioksidan tinggi dan juga senyawa-senyawa lain seperti serat, vitamin C, potasain dan asam ellagic, asam salisiat, dan flavonoid.
Unsur-unsur senyawa yang terdapat dalam buah Strawberry :
·         Asam folat : penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin.
·         Vitamin B1, B2, C, dan provitamin A: membantu menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah, dan mencegah pengeriputan.
·         Vitamin C: pertumbuhan anak, menjaga gigi dan gusi anak-anak tetap sehat, dan juga dapat memutihkan permukaan gigi.
·         Asam ellagic : dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker.
·         Asam salisiat : memiliki manfaat untuk mengobati jerawat secara alami.
·         Fenol : bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen lakukan. Namun demikian, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut.
·         Kalium, vitamin K dan magnesium : yang terkandung dalam stroberi diketahui baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik
Manfaat yang terkandung dalam buah Stawberry
§  Untuk kesehatan mata 
Makan tiga buah strawberry atau lebih setiap hari mampu menurunkan risiko degradasi mata, demikian menurut Mayo Clinic. Menurut penelitian terbaru, vitamin C pada strawberry juga ampuh melindungi mata dari sinar matahari.
§  Untuk kesehatan otak
Strawberry bisa dikatakan sebagai makanan super untuk otak. Bagaimana tidak, penelitian membuktikan bahwa konsumsi strawberry berkaitan erat dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer, Parkinson, dan demensia.
§  Untuk kesehatan jantung
Khasiat menakjubkan berikutnya dari makan buah strawberry adalah kemampuannya dalam meregulasi tekanan darah. Sehingga mengonsumsi buah strawberry secara rutin sama dengan berusaha menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
§  Untuk menjaga sistem pencernan
Stroberi mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat makanan yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.
§  Membantu penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.
§  Mencegah terjadinya radang dan alergi.
§  Melawan encok dan radang sendi.
Kandungan gizi buah Strawberry segar seberat 160 gram mengandung :
v  energi 50 kalori
v  protein 1 gram
v  karbohidrat 11,65 gram
v  serat 3,81 gram
v  kalsium 23, 24 mg
v  magnesium 16,60 mg
v  fosfor 31,54 mg
v  potasium 44,82 mg
v  selenium 1,16 mg
v  vitamin C 94,12 mg
v  Folat 29,38 mg
v  Vitamin A 44,82 IU

Sources :

1 komentar:

  1. sangat membantu infonya gan
    http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-gondok/

    BalasHapus