Sabtu, 03 Mei 2014

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA


Listrik merupakan sumber kehidupan. Tanpa adanya listrik, semua aktivitas manusia akan terhambat. Upaya memperoleh tenaga listrik dilakukan dengan membuat pembangkit listrik yang mengubah tenaga surya menjadi tenaga listrik dikenal dengan nama Pembangkit Listrik Tenaga Surya.
Ada 2 macam perolehan pembangkit listrik tenaga surya yaitu secara langsung dengan menggunakan photovoltaic serta secara tidak langsung dengan pusat energi surya menjadi energi listrik. Sedangkan pemusatan pada energi surya mengkombinasikan lensa atau cermin dengan sistem pelacak guna mencari fokus sinar matahari dalam menggerakan energi kalor.
Pembangkit listrik tenaga surya tipe photovoltaic adalah pembangkit listrik yang menggunakan perbedaan tegangan akibat efek fotoelektrik untuk menghasilkan listrik. Solar panel terdiri dari 3 lapisan, lapisan panel P di bagian atas, lapisan pembatas di tengah, dan lapisan panel N di bagian bawah. Efek fotoelektrik adalah di mana sinar mataharimenyebabkan elektron di lapisan panel P terlepas, sehingga hal ini menyebabkan proton mengalir ke lapisan panel N di bagian bawah dan perpindahan arus proton ini adalah arus listrik.
Energi matahari sebagai salah satu sumber tenaga listrik alternatif semakin dikembangkan dan disempurnakan penggunaannya saat ini. Penggunaan sinar matahari sebagai pembangkit listrik dapat melengkapi sumber energi konvensional yang ada dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pasokan listrik.
Kelebihan dari PLTS
  1. Sinar matahari merupakan energi yang terbarukan atau selalu tersedia dan tidak akan pernah habis yang menyebabkan krisis kelangkaan energi.
  2. Tenaga surya lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung, menghasilkan, serta membahayakan lingkungan dalam jangka waktu yang panjang.
  3. Energi matahari sebagai salah satu energi alternatif tidak perlu dibeli, hanya membutuhkan biaya produksi awal yang selanjutnya dapat berjalan dengan sendirinya.
  4. Jumlah pasokan energi matahari sangat melimpah terutama jika berada di wilayah dengan intensitas sinar matahari yang cukup tinggi.

Dari penjelasan kelebihan PLTS di atas, sumber energi inipun tidak dapat diandalkan karena dipengaruhi oleh faktor alam. Jika memasuki musim penghujan, sumber energi yang dihasilkan pun akan berkurang.

Sumber Referensi :
http://www.bimbingan.org/kelebihan-pembangkit-listrik-tenaga-surya.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar