Jumat, 04 November 2016

II. ARSITEKTUR KOMPUTER dan STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA

Nama : Mutia Ros Maharani
NPM : 16513232 
Kelas : 4PA13

A.   Pengertian Arsitektur Komputer

            Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.
            Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer.
            Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.

B.    Struktur Kognisi Manusia
            Struktur merupakan cara sesuatu disusun atau dibangun, yang disusun dengan pola tertentu, sedangkan kognitif adalah kemampuan berpikir dimana yang menjadi objek berpikirnya terjadi pada diri sendiri. Segala sesuatu tentang pengetahuan, kesadaran, kontrol yang dihasilkan dari proses berpikir yang terjadi pada diri sendiri.
            Teori kognitif lebih menekankan bagaimana proses atau upaya untuk mengoptimalkan kemampuan aspek rasional yang dimiliki oleh orang lain. Oleh sebab itu kognitif berbeda dengan teori behavioristik yang lebih menkankan pada aspek kemampuan perilaku yang diwujudkan dengan cara kemampuan merespon terhadap stimulus yang datang kepada dirinya. Pandangan kognitif dlam bidang informasi dianggap berbeda dari pandangan kognitif tentang kerja otak manusia. Dalam konteks informasi, pandangan kogniti menekankan pada pengembangan model pemroresan informasi dalam kerja otak dan kesadaran manusia.
C.   Kaitan Antara Struktur Kognisi Manusia dan Arsitektur Komputer
            Terdapat kaitan yang sangat erat pada struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer. Karena, pada dasarnya komputer pun di buat atas dasar pemikiran kognisi manusia, dimana perkembangan jaman pun selalu membutuhkan inovasi yang terdapat pada struktur komputer dan ide-ide pada manusia.
D.   Kelebihan dan Kelemahan Arsitektur Komputer di Bandingkan Struktur Kognisi Manusia
        Kelebihan Arsitektur Komputer :
        a.    Sistem keamanan lebih baik
        b.    Sistem Backup data lebih baik
        Kelemahan Arsitektur Komputer :
        a.    Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh user
        b.    Biaya operasional relatif lebih mahal
        c.    Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server
        Kelebihan Struktur Kognisi Manusia
        a.    Dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
        b.    Dapat meningkatkan motivasi
        Kelemahan Struktur Kognisi Manusia
        a.    Tidak dapat diukur hanya dengan satu orang
        b.    Fasilitas-fasilitas dalam lingkungan juga harus mendukung
E.    Contoh Kasus
                    Pada jaman sekarang pembayaran untuk perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun alat transportasi umum dapat dilakukan dengan menggunakan kartu saja. Misalnya seseorang yang akan keluar kota dengan menggunakan mobil pribadi, cukup membawa sebuah kartu untuk melancarkan pemayaran tol, caranya hanya dengan menempelkan kartu di mesin pembayaran pada saat memasuki gerbang tol.

Sources :
Groome, T.H. 2010. Christian Religious Education: Pendidikan agama Kristen.    Jakarta: Gunung Mulia.
Suardi, M. (20015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar